CARA TEBAR BIBIT LELE DENGAN BAIK


Bibit adalah bahan tanam yang di siapkan untuk proses panen. Begitu juga bibit lele yang di siapkan untuk budidaya lele yang baik agar pertubumbuhan bisa dilakukan dengan maksimal kemudian menghasilkan panen yang memuaskan. Begitulah konsep/alur budidaya lele.

Dalam penebaran bibit harus dilakukan dengan sangat hati-hari. Mengapa? karena bibit lele masih berusia sangat kecil dan rentan terhadap kematian. Jika bibit mengalami stresing maka bibit akan mengalami kematian sebelum budidaya dilakukan.

Salah satu langka untuk mencegah kematian bibit lele agar bisa dibudidaya dengan maksimal yaitu dengan cara melakukan penebaran bibit dengan baik dan hati-hati. Berikut adalah langka-langka penebaran bibit yang baik dan benar.

1. Lakukan pembelihan dan pemilihan bibit dengan kualitan yang baik di penangkaran

Bibit yang tumbuh dari kualitas baik mendukung kesahaatan saat proses budidaya berlangsung. kelebihan adalah bibit akan kebal terhadap berbakai penyakit, bakteri dan virus. maka dari pilih bibit yang berkualitas.

2. Pindah bibit kedalam bak/air

Sebelum dilakukan penebaran bibit alangkab baiknya jika bibit di masukkan kedalam air beserta air dari penagkaran bibit lele kemudian diamkan terlebih dahulu.

3. Masukkan air kolam yang telah di treatment

Masukkan air kolam yang telah di treatment selama 7-10 hari kedalam bak yang berisi bibit/dicampur dengan pelan-pelan dan hati-hati. Hal tersebut dilakukan bertujuan agar bibit menyesuaikan air terlebih dahulu dan diamkan beberapa menit sekitar2-3menit.

4. Masukkan bibit beserta air bak ke daalam kolam

Setelah itu bibit di masukkan ke dalam kolam beserta air yang ada di bak tersebut dan dilakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati agar bibit lele tidak mengalami stresing.

5. Flok-Flok untuk bibit lele

Setelah bibit dimasukkan kedalam kolam, bibit sudah tersedia makanan-makanan yang terbentuk dari treatment air selama 7-10 hari yang telah menjadi gumpalan-gumpalan atau flok. maka untuk 3-5 hari tidak perlu di berikanan tersebih dahulu. Hal ini barsmaan dengan penyesuaian bibit dengan air kolam.

Itulah langka-langka penebaran bibit yang baik dan benar. terimakasih telah berkunjung. salam sukses budidaya lele.